Langsung ke konten utama

Mari Baca ...

Makalah M. Djohandra (11/09/2021) ~ Metode Kitab Sunan Ad-Dāraquthniy

Biografi Penulis Kitab Sejarah Hidup Imam Ad-Dāraquthniy bernama Abū Al-Hasan ‘Ali bin ‘Umar bin Ahmad bin Mahdiy bin Mas'ūd bin An-Nu'mān bin Dīnār bin ‘Abdillāh Al-Baghdādiy, seorang ahli qiraat, al-hāfidzh, dan Amīr Al-Mukminīn fī Al-Hadīts. Beliau lahir di bulan Dzulqa'dah tahun 306 H di Baghdad, di sebuah mahallah (distrik/kampung) yang bernama Dār Al-Quthn. Mengenai keluarga beliau, penulis mendapati bahwa ayah beliau adalah ahli hadis dan ahli qiraat, lagi tsiqah.   Adz-Dzahabiy berkata mengenai Imam Ad-Dāraquthniy, “Beliau bagaikan lautan ilmu, termasuk kalangan ulama dunia, kepadanya berakhir hapalan dan pengetahuan ‘ilal hadis dan para rijalnya, bersamaan dengan keilmuan beliau dalam qiraat dan jalur-jalurnya, kuatnya pengetahuan fiqh, perbedaan pendapat, sejarah perang Nabi, sejarah manusia, dan lain-lain.” Beliau juga ahli dalam bahasa, nahwu, dan sastra.   Imam Ad-Dāraquthniy dalam hal aqidah mengikuti salaf ash-shālih. Hal ini tampak dari karya-karyanya...

Hukum Istighatsah dan Tawasul dengan Mayit Menurut Mu'tamad Mazhab Hanbaliy


Hukum Istighatsah dan Tawasul dengan Mayit Menurut Mu'tamad Mazhab Hanbaliy


حكم الاستغاثة عند الحنابلة، وهذا منشور جامع مختصر، قاضٍ على كل تشغيب وتلبيس، الله ينفع به، وانظر ما بعده لزاما. بسم الله تأملوا هذا النص المهم الذي أشرع به في المقصود: (لو جعل بينه وبين الله وسائط يتوكل عليهم ويدعوهم ويسألهم كَفَرَ "إجماعًا").

“Hukum istighatsah (dengan mayit) menurut Hanabilah” dan tulisan yang saya sebar ini hanya ringkasan dan kumpulan (dari ucapan para ulama) yang akan menjadi pemutus masalah atas semua bentuk talbis dan kekacuan, -semoga Allah menjadikan tulisan ini bermanfaat- dan simaklah tulisan ini. Dengan menyebut nama Allah, simak dan perhatikan nash-nash penting di bawah ini, yang akan saya mulai penyebutan dan inti pembahasannya. (Jika ada seseorang menjadikan sesuatu sebagai wasilah antara dirinya dengan Allah, sehingga dia bertawakkal kepadanya, berdoa kepadanya, dan meminta-minta kepadanya maka dia kafir secara ijma')


هذا النص أول من نقله من الحنابلة هو إمامهم في زمانه محمد بن مفلح المقدسي (توفي ٧٦٣). فقد ذكره في كتابه الفروع فقال في (١٠/١٨٨): (أو جعل بينه وبين الله وسائط يتوكل عليهم ويدعوهم ويسألهم"ع"). ورمز العين هذا اختصاره للإجماع فقد قال في نفس الكتاب (١/٦): (وأشير إلى ذكر الوفاق والخلاف، فعلامة ما أجمع عليه "ع").

Nash ini adalah salah satu nash yang pertama dinukilkan oleh ulama Hanabilah, yaitu Imam Hanabilah di zamannya Muhammad bin Muflih al-Maqdisiy (763 H). Beliau menyebutkan nash tersebut di dalam kitabnya Al-Furuu', yaitu : (10/188) “... Atau menjadikan sesuatu sebagai perantara (wasilah) di antara dirinya dan Allah, sehingga dia bertawakkal kepadanya, berdoa kepadanya dan meminta-minta kepadanya "ع" ." Huruf 'ain (ع) di nash tersebut bermakna ijma', dan ini metode beliau dalam meringkas, sebagaimana beliau jelaskan metode ini di kitab yang sama (1/6) : “Adapun penyebutan khilaf atau kesepakatan ulama akan saya beri isyarat tertentu, adapun ijma' saya beri isyarat tanda huruf (ع).”


ومن بعده لا يكاد يخلو كتاب معتمد مبسوط من كتب الحنابلة من هذا النص، فقد ذكره علاء الدين المرداوي (ت ٨٨٥)، -وهو مصحح المذهب ومنقّحه- في الإنصاف (٢٧/١٠٨): (وكذا الحكم لو جعل بينه وبين الله وسائط يتوكل عليهم ويدعوهم ويسألهم إجماعا). أي كفر كمن جحد كتابا من كتب الله تعالى، أو شيئا منه، أو سب الله تعالى، أو رسوله. وذكره الشيخ موسى الحجاوي (ت٩٦٨) في كتابه الإقناع وهو أحد كتابين عليهما مدار الإفتاء والقضاء والاعتماد عند المتأخرين، ذكره في كتابه هذا (٤/٢٩٧).

Begitupula ulama-ulama Hanabilah setelahnya, tidak ada satupun kitab Hanbaliy (baik mu'tamad atau yang ringan) absen dari penyebutan nash (pembatal keislaman orang yang bertawasul dengan mayit). Syaikh 'Alaa Ad-Din Al-Mardaawiy (885 H) -beliau adalah salah satu ulama Hanabilah, mushahhih mazhab dan munaqqihnya- berkata di dalam kitabnya Al-Inshaaf (27/108) “Begitu pula (kafirnya) orang yang menjadikan sesuatu sebagai wasilah perantara dirinya dengan Allah, bertawakkal kepadanya, berdoa kepadanya dan meminta-minta kepadanya, maka ini ijma' kafir” Maksud kafir di sini adalah kafir sebagaimana kafirnya orang yang mengingkari salah satu kitab Allah, atau mengingkari salah satu syariat dari kitab Allah, atau mencela Allah dan RasulNya. 

Begitu pula disebutkan oleh Syaikh  Musa al-Hajjaawiy (968 H) di dalam kitabnya Al-Iqnaa' yang menjadi sumber berfatwa dan pemutusan hukum bagi kalangan Hanabilah Mutaakhkhirin, beliau sebutkan di dalam kitabnya ini di halaman 297 jilid 4.


وذكره خاتم المحققين الحنابلة الشيخ منصور بن يونس  البهوتي (ت ١٠٥١). وقد ذكره في:

١- شرحه كشاف القناع على الإقناع (٦/١٦٨)، وقد علل التكفير بزيادة وكلام مهم، فقال: (كفر لأن ذلك كفعل عابدي الأصنام قائلين: {ما نعبدهم إلا ليقربونا إلى الله زلفى}).

٢- وذكره في حواشيه على منتهى الإرادات رغم أن متن المنتهى لم ترد فيه العبارة المذكورة، لكن البهوتي أضافها في حواشيه وذلك في (ص١٣٤٨).

Begitu pula penutup ulama ahli tahqiq Hanabilah, yaitu Syaikh Manshur bin Yunus al-Buhuutiy (1051 H) juga menyebutkan di dalam kitab-kitabnya :

1. Kitab Kasysyaaf Al-Qinaa' 'Ala Al-Iqnaa' (168/6), bahkan beliau menambahkan kalimat alasan pengkafirannya yaitu “(Tawasul dengan mayit) adalah amalan kufur disebabkan amalan ini serupa dengan apa yang dilakukan para penyembah berhala yang beralasan ketika menyembah berhala : {Kita tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah}”

2. Kitab Hawasyiy Muntaha Al-Iraadaat, akan tetapi di matan kitab Al-Muntaha tidak disebutkan masalah ini. Tapi beliau menambahkan masalah ini di dalam Hawasyinya, lihat di halaman 1348.


وذكر هذا النص الشيخ مرعي الكرمي(ت ١٠٣٣) في غاية المنتهى،وشرحه الشيخ الرحيباني (١٢٤٣) في مطالب أولي النهى، فقالا في المتن مع الشرح (٦/٢٧٩): (أو جعل بينه وبين الله وسائط يتوكل عليهم ويدعوهم ويسألهم) كفر (إجماعا قاله الشيخ) تقي الدين، وقال: أو كان مبغضا لرسوله أو لما جاء به كفر اتفاقا؛ لأن ذلك كفعل عابدي الأصنام قائلين ما نعبدهم إلا ليقربونا إلى الله زلفى).

Begitupula disebutkan oleh Syaikh Mar'iy Al-Karmiy Al-Hanbaliy (1033 H) di dalam kitabnya Al-Muntaha dan juga di kitab syarah Al-Muntaha yaitu Mathaalib Uli An-Nuhaa oleh Syaikh ar-Rahiibaaniy Al-Hanbaliy, mereka berdua berkata di matan dan syarahnya :

“... Atau menjadikan sesuatu sebagai wasilah antara dirinya dan Allah, bertawakkal kepadanya, berdoa kepadanya, dan meminta-minta kepadanya maka dia kafir dan ini ijma' sebagaimana yang dikatakan Syaikh Taqiyuddin” dan juga : “... Atau disebabkan membenci Rasulullah, atau ketika datang Rasulullah dengan membawa perintah tersebut maka dia kafir ittifaaqan (kesepakatan para ulama); karena perbuatan tersebut serupa dengan perbuatan para penyembah berhala yang beralasan : {Kita tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah}"


Wallahu a'lam

Sumber asli teks kanal Telegram Syaikh Ahmad Ghariib waffaqahullah

Komentar