Al-Qâdhiy ‘Iyâdh dulu semasa hidupnya mengadakan majelis reguler bagi para pelajar. Di majelis tersebut, mereka membacakan Shahîh Muslim kepada Al-Qâdhiy ‘Iyâdh dengan pembacaan komprehensif terhadap matan-matan hadisnya, mendiskusikan sanad-sanadnya, dan memahami permasalahan musthalah hadis yang dihimpun Imam Muslim dalam muqaddimah-nya. Para murid Al-Qâdhiy ‘Iyâdh merasakan ilmu dan manfaat yang melimpah dari majelis ini, serta tambahan-tambahan penting lainnya mengenai apa yang mereka dapati dari sumber-sumber yang ada pada mereka. Keinginan mereka itu agar beliau menuliskannya semakin besar dan mereka bersikeras agar Al-Qâdhiy ‘Iyâdh mengumpulkan hal tersebut untuk mereka dalam suatu kitab agar mereka dapat mengambil ilmu dan manfaat darinya.
Walaupun Al-Qâdhiy ‘Iyâdh menerima permintaan ini, beliau belum memiliki kesempatan untuk merealisasikan kitab tersebut, karena beliau sibuk dengan masalah kehakiman dan mengajar. Ketika beliau terbebas dari masalah kehakiman, alasan tersebut terputus. Beliau bersegera merealisasikan keinginan para muridnya tersebut dengan harapan agar apa yang beliau usahakan tersebut bermanfaat dan diberi ganjaran oleh Allah.
Pada awalnya beliau sudah bertekad kuat untuk mengarang sebuah kitab tersendiri untuk tujuan ini. Ketika beliau menganalisis usaha dan karya terdahulu, khususnya Al-Mu’lim karya Al-Mâziriy dan Taqyîd Al-Muhmal karya Al-Jayyâniy, beliau memandang dengan adil dan pengakuan akan keutamaan orang yang telah mendahuluinya, sehingga beliau mengarang kitab tersebut sebagai pelengkap dan penyempurna terhadap banyaknya kekurangan yang terdapat dalam kedua kitab tersebut walaupun kedua kitab tersebut memang mengandung ilmu dan manfaat.
Waktu Mengarangnya
Isyarat dari bebas tugasnya beliau dari kehakiman itu bertanggal Ramadhan 532 H (sekitar Mei 1138 M), di mana beliau dipalingkan oleh Tâsyifîn bin ‘Ali bin Yûsuf dari kehakiman Granada di Andalusia karena beliau teguh dalam menghalangi orang-orang Tâsyifîn dari berbuat hal yang batil dan kezaliman, serta mengenyahkan mereka dari perbuatan-perbuatan tersebut. Hal tersebut berlanjut selama tujuh tahun lamanya di mana beliau kemudian dikembalikan ke kehakiman Ceuta pada tahun 539 H (sekitar 1144 M).
Tampaknya, karya-karya beliau yang penting selesai dikarang di waktu beliau istirahat dari profesi sebagai hakim, kecuali kitab Asy-Syifâ yang beliau karang semasa menjabat sebagai hakim. Berikut urutan kitab-kitab yang beliau karang dari segi waktu :
- Asy-Syifâ : kitab ini dibacakan kepada beliau sewaktu masih menjabat sebagai hakim Granada.
- Al-Ilmâ’
- Ikmâl Al-Mu’lim
- Masyâriq Al-Anwâr
- Tartîb Al-Madârik : beliau sudah selesai mengarangnya tapi tidak sempat memperdengarkannya kepada para murid beliau.
- Al-Ghunyah : di dalamnya beliau menyampaikan biografi sebagian gurunya yang tahun wafatnya berdekatan dengan tahun wafat beliau (544 H). Misalnya Abû Bakr Al-‘Arabiy yang wafat tahun 543 H.
Metode Al-Qâdhiy ‘Iyâdh
Al-Qâdhiy ‘Iyâdh dalam kitabnya ini (Ikmâl Al-Mu’lim) memasukkan semua yang terdapat dalam Al-Mu’lim kecuali penjelasan bab-bab, dan semua yang terdapat dalam Taqyîd Al-Muhmal juz ‘illah yang terdapat dalam sanad-sanad kitab Muslim. Beliau mengakui keutamaan pendahulunya, dan memuji ilmu dan manfaat yang besar dalam kedua kitab tersebut. Namun beliau menyatakan ada kekurangan-kekurangan yang mesti disempurnakan. Penyempurnaan tersebut adalah sebagai berikut :
- Menjelaskan muqaddimah Shahîh Muslim dengan syarah yang memadai, di mana beliau berluas-luas dalam menjelaskan masalah-masalah musthalah hadis tersebut dengan hal-hal yang belum ada sebelumnya dan tidak pula disyarah oleh Al-Mâziriy.
- Menjelaskan matan-matan hadis yang tidak dijelaskan oleh Al-Mâziriy, di mana beliau memandang perlu hal tersebut untuk dijelaskan. Ini banyak sekali, di mana jarang kami menemukan hadis yang tidak beliau syarah sebagian lafaznya kecuali memang hadis tersebut berulang. Beliau lakukan syarah terhadap matan ini dengan menjelaskan makna-maknanya, men-dhabth lafaz-lafaznya, istinbâth hukum fikih dan ilmu yang bermacam-macam, menjelaskan yang samar dan men-taqyîd yang muhmal, memperhatikan perbedaan lafaz para perawi, dan lain-lain.
- Menyempurnakan diskusi terhadap sebagian rijal, sanad, dan ‘illah yang tidak merusak yang terdapat di sebagian sanad tersebut, yang mana hal tersebut dilalaikan oleh Al-Jayyâniy, tanpa berluas-luas dan meneliti secara sangat mendalam.
- Memperjelas dan menjelaskan kalam Al-Mâziriy dan Al-Jayyâniy, memperbaiki dan mengomentari, serta men-tashhîh. Semua ini dilakukan jika memang dibutuhkan.
Dr. Yahyâ Ismâ’îl menyampaikan dengan lebih rinci :
- Beliau banyak memperinci hal yang disampaikan secara global oleh Imam Al-Mâziriy mengenai pandangan ulama dalam suatu nash.
- Asal amalannya, beliau mendatangkan kalamnya setelah kalam Imam Al-Mâziriy terhadap hadis. Namun terkadang beliau menafsirkan dulu apa yang terdapat di dalam hadis tersebut baru kemudian menukil kalam Imam Al-Mâziriy, ini jika tafsirnya sedikit.
- Bagian-bagian yang ditinggalkan oleh Imam Al-Mâziriy dalam suatu hadis tanpa komentar atau syarah, Al-Qâdhiy ‘Iyâdh mulai dulu dengan hal-hal tersebut.
- Beliau meninggalkan pembicaraan terhadap suatu hadis apabila tidak terdapat hal yang disandarkan kepada Imam Al-Mâziriy.
- Beliau menyuguhkan syahid (bukti atau penguat) terhadap suatu makna. Syahid tersebut kerap mewakili penjelasan maksud sesuatu daripada yang lainnya.
- Beliau men-tarjîh dua riwayat yang shahih dengan konsekuensi konteks kebahasaan.
- Beliau mengambil faedah dari naskah-naskah yang berbeda dengan naskah Muslim yang beliau jadikan pegangan, untuk menjelaskan sebab hadis dan menyingkap ibarat-ibaratnya.
- Dalam pemeriksaannya terhadap rincian masalah, beliau tidak hanya menjelaskan pandangan beliau terhadap masalah-masalah tersebut, tapi beliau sajikan juga rincian masalah tersebut berdasarkan pandangan guru-guru beliau yang ahli tahqîq.
- Apabila terjadi perbedaan pendapat mengenai akar suatu istilah syariat, beliau berusaha untuk men-tashwîb apa yang beliau pilih dengan ‘jalan’ orang-orang terdahulu dan menelaah hal-hal terdahulu yang memiliki makna yang dekat dengannya, namun juga tetap melakukan istiqrâ’ terhadap kalam Bangsa Arab dan syair-syairnya.
- Beliau cenderung meringkas dalam menyuguhkan masalah fikih yang berkaitan dengan suatu hadis.
- Memperhatikan kedetailan dalam menyebutkan kondisi tahammul (menerima riwayat atau pernyataan).
- Apabila beliau menukil suatu pendapat tentang suatu masalah dari salah seorang ulama (yang mana makna dalam pendapat tersebut ada potensi makna lainnya), beliau mendatangkan makna-makna lain yang potensial tersebut dengan shîghah yang tidak mulzim.
- Beliau sangat memberikan perhatian terhadap struktur kata dan keselamatan maknanya. Dengan menempuh hal-hal berikut : (1) Beliau merujuk kepada ahli bahasa terlebih dahulu dalam menjelaskan makna lafaz. (2) Dalam mensyarah kosa kata hadis, beliau mengurai hadis tersebut dengan mendatangkan sejumlah syahid dari Al-Quran ataupun hadis Nabi ﷺ terhadap kosa kata tersebut. (3) Untuk suatu lafaz, beliau menyuguhkan sejumlah riwayat yang berkaitan dengan bahasa, kemudian beliau kembalikan riwayat-riwayat tersebut dahulu kepada asal bahasa dan kaedah Nahwu.
- Menyandarkan suatu pendapat atau perkataan kepada yang mengatakannya, baik dalam sanad maupun matan.
- Beliau sangat memberikan perhatian dalam men-dhabth rijal sanad yang diperselisihkan.
- Beliau selalu bersikap pertengahan dalam menghadapi isu dan permasalahan ilmiah yang jauh daripada pembahasan yang berkaitan dengan mazhab, dan selain hal itu, beliau sangat condong untuk membela mazhabnya Imam Mâlik, walaupun terkadang beliau mengkritik mazhabnya tersebut dan membela mazhab yang lain.
- Jika beliau dihadapkan dengan hal yang membutuhkan tashhîh di dalam sanad, beliau segera memberikan perhatian terhadapnya di matan sebelum selesai dari hadis tersebut.
- Pemuliaan beliau terhadap Imam Al-Mâziriy tidak menghalanginya dari mengkritik dan membetulkan kalam Imam Al-Mâziriy yang salah dan keliru.
- Dalam hal memberikan penjelasan, Al-Mu’lim mendahulukan diskusi mengenai sanad, adapun Al-Ikmâl mengakhirkannya.
- Beliau ambisius dalam melakukan tertib permasalahan Al-Mu’lim sesuai dengan tertib Shahîh Muslim.
- Beliau sengaja melakukan penyandaran makna-makna yang di-istinbâth kepada orang yang pertama kali mengatakannya.
Komentar
Posting Komentar