Biografi Penulis Kitab
Sejarah Hidup
Imam Ad-Dāraquthniy bernama Abū Al-Hasan ‘Ali bin ‘Umar bin Ahmad bin Mahdiy bin Mas'ūd bin An-Nu'mān bin Dīnār bin ‘Abdillāh Al-Baghdādiy, seorang ahli qiraat, al-hāfidzh, dan Amīr Al-Mukminīn fī Al-Hadīts. Beliau lahir di bulan Dzulqa'dah tahun 306 H di Baghdad, di sebuah mahallah (distrik/kampung) yang bernama Dār Al-Quthn.
Mengenai keluarga beliau, penulis mendapati bahwa ayah beliau adalah ahli hadis dan ahli qiraat, lagi tsiqah.
Adz-Dzahabiy berkata mengenai Imam Ad-Dāraquthniy, “Beliau bagaikan lautan ilmu, termasuk kalangan ulama dunia, kepadanya berakhir hapalan dan pengetahuan ‘ilal hadis dan para rijalnya, bersamaan dengan keilmuan beliau dalam qiraat dan jalur-jalurnya, kuatnya pengetahuan fiqh, perbedaan pendapat, sejarah perang Nabi, sejarah manusia, dan lain-lain.” Beliau juga ahli dalam bahasa, nahwu, dan sastra.
Imam Ad-Dāraquthniy dalam hal aqidah mengikuti salaf ash-shālih. Hal ini tampak dari karya-karyanya, dan perkataan-perkataan yang dinukil darinya. Secara umum karya-karyanya adalah dalam masalah hadis dan ilmunya. Dalam karya-karyanya itu beliau menempuh metode salaf, dan menjauhi bid'ah dan filsafat dalam masalah aqidah.
Dr. Kaylāniy Muhammad Khalīfah mengklaim dalam bukunya, adanya kecondongan Imam Ad-Dāraquthniy terhadap Mazhab Asy’ariyyah walaupun beliau tidak menyibukkan diri dalam Ilmu Kalam. Dr. Kaylāniy juga menyampaikan kritikan Adz-Dzahabiy terhadap hikayah tersebut dan ia juga menyampaikan ulasan terhadap Adz-Dzahabiy.
Dr. Kaylāniy juga menjelaskan mengenai kecondongan Imam Ad-Dāraquthniy kepada Mazhab Syafiiy. Beliau menukil dari Tārīkh Baghdād bahwa Ad-Dāraquthniy belajar fiqh Syafii kepada Abū Sa’īd Al-Ishthakhriy, dan juga mencatat hadis dari Abū Sa’īd itu sendiri.
Di antara ulama yang menganggap beliau bermazhab Syafii adalah Ibnu Ash-Shalāh, Tājuddin As-Subkiy dalam Thabaqāt Asy-Syāfi'iyyah Al-Kubrā, Syaikh Jamāluddīn ‘Abdurrahīm Al-Asnawiy dalam Thabaqāt Asy-Syāfi’iyyah, dan Abū Bakr bin Hidāyatillah.
Imam Ad-Dāraquthniy adalah seorang yang berperawakan tinggi dan putih. Beliau adalah orang yang cerdas dan berakhlak mulia. Akhlak-akhlak mulia beliau ini membuat beliau dicintai oleh para guru dan murid beliau. Beliau merupakan seorang yang luas hapalannya. Di antara buktinya adalah sebagaimana yang disebutkan dalam Tārīkh Baghdād, Abū Ath-Thayyib Ath-Thabariy berkata, “Ad-Dāraquthniy adalah amīrul mu'minīn dalam hadis, tidaklah aku lihat seorang hafiz yang datang ke Baghdād melainkan ia akan mengunjungi sang imam dan mengucapkan salam kepadanya sebagai ‘penghormatan' terhadap beliau lantaran hapalan dan tingginya posisi beliau dalam ilmu.”
Imam Ad-Dāraquthniy juga orang yang tawadhu' dan santun. Misalnya jika beliau ditanyai mengenai guru-guru beliau, beliau akan memperlembut ibarat yang digunakan dalam menyifati guru-guru beliau, bahkan setelah mereka wafat.
Beliau diuji dengan penyakit inkontinensia, pun begitu tak menghalangi beliau dalam mengimla' hadis dan mengajarkannya, dengan kesadaran yang sempurna dan kecerdasan yang luar biasa. Berkata Al-Khalīliy, “Telah menceritakan kepadaku Al-Hāfidzh Abū ‘Ali Abdurrahmān bin Muhammad bin Fadhālah An-Naysābūriy, ia berkata, ‘Aku bertanya kepada Abū Al-Hasan Ad-Dāraquthniy sementara beliau sedang sakit inkontinensia, beliau berdiri (untuk buang air) lalu kembali, aku bertanya mengenai hadis dinikahkannya Fāthimah yang diriwayatkan oleh ‘Abdul Malik bin Hayyān sepupu Yahyā bin Ma'īn, beliau berdiri lagi lalu kembali dan berkata, ‘wayhak yā rajul! Engkau menyebutkan kepadaku nama yang salah, dia adalah ‘Abdul Malik bin Khiyār sepupu Yahyā bin Ma'īn.’”
Dalam Tārīkh Baghdād serta Duwal Al-Islām-nya Adz-Dzahabiy bahwa Imam Ad-Dāraquthniy valid wafat pada usia 80 tahun, ada juga yang mengatakan 79 tahun. Beliau wafat di bulan kelahirannya.
Berkata Al-Khathīb, “Telah menceritakan kepadaku ‘Abdul ‘Azīz Al-Izajjiy, ia berkata, ‘Ad-Dāraquthniy wafat hari Rabu, 8 Dzulqa’dah 385 H.’” Dalam Athrāf Al-Gharāíb disebutkan beliau dishalatkan di sebuah mesjid di Dār Al-Quthn. Disebutkan dalam Mir'āh Al-Janān, Syaikh Isfrāyīniy turut menyalatkannya. Beliau dimakamkan di pemakaman Dār Ad-Dayr, dekat makamnya Ma'rūf Al-Kurkhiy. Disebutkan pula dalam Tārīkh Baghdād, Ibnu Mākūlā berkata, “Aku telah melihat dalam tidurku pada suatu malam di bulan Ramadhan, seakan-akan aku bertanya mengenai keadaan Abū Al-Hasan di akhirat dan yang terjadi pada beliau, lalu ada yang mengatakan, ‘sang Imam telah diundang ke surga.’”
Sejarah Pendidikan
Ayah Imam Ad-Dāraquthniy adalah seorang alim (ayah beliau ini termasuk guru Imam Ad-Dāraquthniy dalam hadis dan qiraat), tentu saja ayah beliau menekankan pendidikan kepada sang putra, Ad-Dāraquthniy kecil. Imam Ad-Dāraquthniy sudah mulai menulis sejak masih anak-anak. Beliau berkata tentang diri beliau sendiri, “Aku telah menulis sekitar tahun 315 H.” Beliau sudah menghadiri majelisnya Imam Al-Baghawiy sejak masih belia. Ibnu ‘Asākir menukil dari Yusuf Al-Qawwās dalam Tārīkh Dimisyq, Al-Qawwās berkata, “Dulu pernah kami sedang berjalan menuju Ibnu Manī' dan di belakang kami ada Ad-Dāraquthniy kecil yang di tangannya ada adonan roti, di atasnya ada lauk. Kami masuk menemui Ibnu Manī', lalu kami larang Ad-Dāraquthniy kecil ikut masuk, lantas dia duduk di pintu sambil menangis.”
Kebiasaan ahlul ilmi waktu itu, seseorang tidak mulai menuntut ilmu kecuali setelah menyelesaikan hapalan Al-Quran, kalau begitu pasti waktu itu Ad-Dāraquthniy sudah menyelesaikan hapalan Al-Qurannya di usia ini, yang mana dia mulai menuntut ilmu di usia tersebut.
Kecerdasan sang Imam sudah kelihatan sedari kecil, membuat orang-orang menyifatinya suatu saat nanti akan jadi ahli qiraat negeri, tapi ternyata Allah mengehendaki beliau lebih menonjol dalam ilmu hadis. Beliau mengisahkan, “Aku dan Al-Kattāniy sama-sama mendengar hadis, orang-orang berkata Al-Kattāniy suatu saat akan menjadi ahli hadis negeri sementara Ad-Dāraquthniy akan menjadi ahli qiraat negeri. Ternyata aku yang menjadi ahli hadis dan Al-Kattāniy ahli qiraat.” Walaupun begitu, di samping Ad-Dāraquthniy ahli hadis, beliau juga ahli qiraat.
Dalam Tārīkh Baghdād dikisahkan bahwa beliau pernah menghadiri majelisnya Ismā’īl Ash-Shaffār di awal mula belajarnya, lalu beliau duduk dan menyalin sementara Syaikh Ismā’īl mengimla’. Sebagian hadirin berkata kepada beliau, ‘Tidak bagus samā’mu sementara kau sambil menyalin.’ Ad-Dāraquthniy menjawab, ‘Pemahamanku dalam imla’ berbeda dengan pemahamanmu.’ Kemudian orang tadi bertanya, ‘Kau hapal berapa hadis dari yang Syaikh imla’ sampai sekarang?’ Ad-Dāraquthniy menjawab, ‘Tidak, beliau telah mengimla’ 18 hadis.’ Maka dihitunglah hadis, ternyata sesuai dengan yang Ad-Dāraqurhniy katakan. Kemudian beliau berkata bahwa hadis pertama dari fulan dari fulan matannya begini, hadis kedua dari fulan dari fulan matannya begitu. Beliau terus menyebutkan sanad hadis beserta matannya secara berurutan dengan imla’ hingga akhir, orang-orang pun takjub kepada beliau.
Setelah Ad-Dāraquthniy mendengar hadis dari para syaikh negerinya, yaitu Baghdad, beliau mulai rihlah ke kota-kota di sekitar Baghdad. Sekitar tahun 320 H beliau melakukan rihlah ke Bashrah, Kufah, Wasith, Al-Maftah, dan Al-Mubārak, mendengar hadis dari para syaikh di kota-kota tersebut. Kemudian beliau melakukan rihlah ke Hijaz untuk haji, serta beliau juga mendengar hadis di Mekkah dari syaikh-syaikh di sana. Kemudian beliau ketika masuk Thabariyyah dan Ar-Ramlah juga ada mendengar hadis dari syaikh di sana, sebagaimana rihlah beliau ke Ahvaz dan Khuzestan. Beliau melintasi Damaskus menuju Mesir.
Berkata Al-Hākim An-Naysābūriy, “Ad-Dāraquthniy masuk Syam dan Mesir pada usia tua, begitu pula hajinya, memberi faedah (mengajar) dan mengambil faedah (belajar), karya-karyanya panjang jika disebutkan.”
Guru-Guru
Di antara guru beliau : Abū Al-Qāsim Al-Baghawiy, Yahyā bin Muhammad bin Shā'id, Abū Bakr bin Abī Dāwūd, Muhammad bin Nayrūz Al-Anmāthiy, Abū Hāmid Muhammad bin Hārūn Al-Hadhramiy, ‘Ali bin ‘Abdillah bin Mubasysyir Al-Wāsithiy, Abū ‘Ali Muhammad bin Sulaimān Al-Mālikiy, Muhammae bin Al-Qāsim bin Zakariyyā Al-Muhāribiy, Al-Qādhiy Abū ‘Umar Muhammad bin Yūsuf bin Ya'qūb, dan lain-lain.
Murid-Murid
Di antara murid-murid beliau : Al-Hāfidzh Abū ‘Abdillah Al-Hākim, Al-Hāfidzh ‘Abdul Ghaniyy, Tammām bin Muhammad Ar-Rāziy, Al-Faqīh Abū Hāmid Al-Isfrāyīniy, Abū Nashr Al-Janadiy, Ahmad bin Al-Hasan Ath-Thayyān, Abū ‘Abdirrahmān As-Sulamiy, Abū Mas'ūd Ad-Dimasyqiy, Abū Nu'aym Al-Ashbahāniy, Abū Bakr Al-Barqāniy, Abū Al-Hasan Al-'Atīqiy, dan lain-lain.
Karya-karya beliau ada yang sudah dicetak dan ada yang masih berupa manuskrip. Ada yang berupa karya kecil semacam risalah, ada yang berupa buku. Ada pula karya-karya beliau yang hilang. Ada yang hilang seluruhnya, ada yang hilang sebagian saja. Berikut di antara karya-karya beliau :
- Al-Ahādīts allatiy Khūlifa fīhā Mālik bin Anas
- Ahādīts Ash-Shifāt (Kitāb Ash-Shifāt)
- Ahādīts Al-Muwaththa' wa-Ttifāq Ar-Ruwāh ‘an Mālik, wa-Khtilāfuhum fīh wa Ziyādātuhum wa Nuqshānuhum
- Ahādīts An-Nuzūl (Kitāb An-Nuzūl)
- Akhbār ‘Amr ibn ‘Ubayd (wa Kalāmuh fī Al-Qurān) wa Idzh'hār Bid'atih
- Al-Ikhwah wa Al-Akhawāt
- Arba'ūn Hadītsan min Musnad Burayd ibn ‘Abdillāh ibn Abī Burdah ibn Mūsā, ‘an Abī Mūsā Al-Asy'ariy
- Ahādīts Al-Wudhū' min Mass Adz-Dzakar
- Ahādīts Al-Qadhā' bi Al-Yamīn wa Asy-Syāhid
- At-Tatabbu'
- Al-Mudabbaj
- Asílah (Suālāt) Al-Barqāniy
- Asílah (Suālāt) Al-Hākim li Ad-Dāraquthniy ‘an Syuyūkhih
- Asílah (Suālāt) As-Sulamiy li Ad-Dāraquthniy
- Asílah (Suālāt) As-Sahmiy li Ad-Dāraquthniy
- Al-Istidrākāt
- Al-Askhiyā'
- Al-Ilzāmāt
- Ta'līqāt ‘alā Al-Majrūhīn li Ibn Hibbān
- Dzikr Asmā' At-Tābi'īn wa Man Ba'dahum min Man Shahhat Riwāyatuh ‘inda Al-Bukhāriy
- Dzikr Aqwām Akhraja lahum Al-Bukhāriy wa Muslim fī Shahīhayhimā, wa Dha'afahum An-Nasāíy fī Kitāb Adh-Dhu'afā', wa Suíla ‘anhum Ad-Dāraquthniy
- Ar-Ru'yah
- As-Sunan ‘an Rasūlillāh
- Adh-Dhu'afā' wa Al-Matrūkūn min Al-Muhadditsīn
- Al-'Ilal Al-Wāridah fī Al-Ahādīts An-Nabawiyyah
- Al-Mu'talif wa Al-Mukhtalif fī Asmā' Ar-Rijāl
- Al-Mustajād min Fi'l (Fa’alāt) Al-Ajwād
- Al-Juz' Ats-Tsālits wa Al-'Isyrūn min Hadīts Abī Ath-Thāhir Muhammad bin Ahmad bin ‘Abdillah Al-Qādhiy
- Ar-Rubā’iyyāt Al-Ghaylāniyyāt
- Fawāíd Ibn Ash-Shawwāf
- Al-Afrād wa Al-Gharāíb
- Fadhāíl Ash-Shahābah wa Manāqibuhum wa Qauluhum fī Ba'dh, shalawātullāh ‘alayhim
- Musnad Al-Wazīr Ibni Khinzābah
- Al-Musnad Al-Kabīr li Da'laj As-Sijziy
- Dan lain-lain
Menurut Dr. Ar-Ruhaily, beliau tidak menemukan sejarah pasti ditulisnya Sunan Ad-Dāraquthniy, kecuali suatu pernyataan di suatu salinan tangan di Perpustakaan Chester Beatty pada juz 13 dari pembagian salinan tersebut : “Telah menceritakan kepada kami Abū Al-Hasan ‘Ali bin ‘Umar bin Ahmad Ad-Dāraquthniy Al-Hāfidzh tahun 380 H.” Menurut Dr. Ar-Ruhailiy, pernyataan ini menunjukkan bahwa Imam Ad-Dāraquthniy pada tahun tersebut sudah menulis kitab As-Sunan atau sedang menulisnya. 380 H kurang lebih 5 tahun sebelum beliau wafat.
Dr. Kaylāniy dalam bukunya berusaha untuk lebih memberikan informasi spesifik. Menurut beliau, Imam Ad-Dāraquthniy menulis As-Sunan setelah beliau kembali dari rihlahnya ke Mesir (beliau masuk Mesir 357 H). Hal tersebut telah ditashrih oleh Imam sendiri dalam banyak sanad, bahwa hadis-hadis tersebut sang Imam dengar dari syaikhnya sewaktu di Mesir (Dr. Kaylāniy memaparkan beberapa nomor hadis di catatan kaki buku beliau tersebut yang dapat dirujuk).
Lanjut menurut Dr. Kaylāniy, jika ditambahkan rentang waktu mukim Imam Ad-Dāraquthniy kepada hal tersebut, dan pindahnya beliau di antara kota-kota Mesir untuk menjumpai para syaikh dan ulama, kemudian rentang waktu kembalinya beliau ke Baghdad dan takhrij beliau terhadap kitabnya - beliau belum selesai menulisnya sebelum tahun 360 H. Dr. Kaylāniy juga menyampaikan apa yang ditemukan di salinan Chester Beatty Dublin, bahwa Ad-Dāraquthniy meriwayatkan As-Sunan tahun 380 H, maka menurut Dr. Kaylāniy pasti sang Imam menulis As-Sunan antara 360 dan 380 H. Sebagaimana yang tampak menurut Dr. Kaylāniy, Imam Ad-Dāraquthniy menulis As-Sunan sebelum beliau mengimla’ kitabnya Al-'Ilal.
Berbicara mengenai sebab penulisan, sejauh pengetahuan penulis, penulis tidak menemukan sebab spesifik mengapa Imam Ad-Dāraquthniy menulis As-Sunan. Namun, menurut perspektif penulis, jika melihat perkiraan waktu penulisan yang dipaparkan oleh Dr. Ar-Ruhailiy dan Dr. Kaylāniy di atas, maka dapat dikaitkan dengan perkataan Imam Al-Hākim An-Naysābūriy yang sudah penulis paparkan di pembahasan sebelumnya yaitu “Ad-Dāraquthniy masuk Syam dan Mesir (357 H) waktu sudah menginjak usia tua (berarti usia beliau sekitar 51 tahun), beliau haji dan beliau memberikan faedah (menyampaikan ilmu/mengajar), serta mengambil faedah (mendengar hadis dari para syaikh dan ulama).” Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Imam Ad-Dāraquthniy menulis As-Sunan lantaran ingin menyampaikan ilmunya, yaitu memberi faedah kepada khalayak ramai. Hal ini dikuatkan pula dengan penyusunan hadis-hadis dalam Sunan Ad-Dāraquthniy yang menyelisihi kebiasaan para penulis sunan lainnya, yang akan dipaparkan di bagian pembahasan isi kitab berikut.
Isi Kitab
Kitab-kitab bergenre sunan merupakan kitab-kitab yang mencakup hadis-hadis hukum yang disusun berdasarkan bab fiqh. Ibnu Hajar dalam Ta'jīl Al-Manfa’ah menyampaikan bahwa asal menyusun hadis berdasarkan bab-bab (fiqh) itu adalah membatasi pada hadis-hadis yang dapat dijadikan hujjah dan syahid saja.
Imam Ad-Dāraquthniy dalam kitabnya As-Sunan ini, membatasi pada hadis-hadis hukum saja, dan beliau menyusunnya sesuai bab fiqh. Namun, beliau tidak membatasi pada mengumpulkan hadis yang dapat dijadikan hujjah saja (sebagaimana kebiasaannya para penulis kitab bergenre sunan, mendatangkan di setiap bab hadis yang terkuat menurut mereka dan paling populer). Imam Ad-Dāraquthniy menyusun As-Sunan untuk menjelaskan kondisi hadis-hadis hukum, baik untuk menguatkannya dan mensupport yang berhujjah dengannya, ataupun untuk menjelaskan lemahnya dan mengkritik yang berhujjah dengan hadis-hadis tersebut. Jenis kedua ini yang terbanyak.
Jumlah hadis Sunan Ad-Dāraquthniy berdasarkan cetakan Muássasah Ar-Risālah adalah 4836 hadis dan atsar. Dr. Kaylāniy menemukan bahwa Muássasah Ar-Risālah ada melakukan kelalaian dalam penomoran sejumlah hadis, yang mencapai 60 hadis. Jika ditambahkan jumlah ini maka totalnya adalah 4896 hadis.
Ada tiga kondisi Ad-Dāraquthniy dalam menghukumi hadis-hadis dalam As-Sunan : Kondisi pertama, hadis yang beliau hukumi shahih atau hasan, ini sedikit sekali. Kondisi kedua, hadis yang beliau hukumi tertolak, ini banyak sekali. Kondisi ketiga, beliau mendatangkan hadisnya namun beliau diamkan, ini banyak sekali juga.
Dr. Kaylāniy menukil dari Sunan Ad-Dāraquthniy tahqiq dan studi yang dilakukan Dr. Rizq Rizq ‘Āmir Hasan bahwa Kitab Sunan Ad-Dāraquthniy mencakup shahih lidzātih, shahīh lighayrih, hasan lidzātih, hasan lighayrih, dan dhaif. Yang dhaif memang lebih banyak daripada yang shahih. Namun begitu tidak mengurangi nilai ilmiah dari Sunan Ad-Dāraquthniy sebagai salah satu kitab sunan.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata dalam Al-Fatāwā Al-Kubrā, “Abū Al-Hasan Ad-Dāraquthniy dengan keimamannya dalam hadis, beliau menulis As-Sunan ini adalah untuk menyebutkan padanya hadis-hadis yang dianggap gharib dalam fiqh, serta mengumpulkan jalur-jalurnya.”
Imam semisal Ad-Dāraquthniy dengan keluasan ilmunya, suatu hal yang mungkin bagi beliau hanya mengumpulkan dalam satu kitab hadis-hadis yang shahih dan selamat dari ‘illah, tetapi beliau dalam karyanya ini (Sunan Ad-Dāraquthniy) mengumpulkan hadis-hadis yang shahih, hasan, dhaif, bahkan maudhu' di sedikit tempat. Tujuan sang Imam melakukan itu adalah mengumpulkan jalur yang berbeda terhadap suatu hadis, meneliti keshahihan dan dhaifnya jalur-jalur tersebut. Bahkan sering kali hadis yang sama didatangkan dengan sejumlah jalur. Hal tersebut dilakukan untuk menjelaskan ‘ilal, wahm-wahm, dan mukhālafah al-huffādzh. Dari sini kitab beliau As-Sunan ini mirip kitab beliau Al-'Ilal.
Dr. Kaylāniy menyatakan bahwa beliau telah melakukan takhrij hadis-hadis Sunan Ad-Dāraquthniy satu persatu, maka beliau dapati 2350 hadis diriwayatkan dalam Ushul Sittah, ini berarti hampir setengah hadis-hadis As-Sunan dapat dijadikan hujjah atau penguat (syahid/istisyhād). Beliau menyimpulkan bahwa Sunan Ad-Dāraquthniy di dalamnya terdapat hadis yang shahih, hasan, dan dhaif. Namun jumlah hadis yang dinilai dhaif lebih banyak dari selainnya, berbeda dengan kitab sunan yang empat, di dalam kitab sunan yang empat tersebut terdapat hadis yang shahih, hasan, dan dhaif, namun yang dapat dijadikan hujjah lebih banyak.
Shahih
حَدَّثَنَا دَعْلَجُ بْنُ أَحْمَدَ ، ثنا مُوسَى بْنُ هَارُونَ , ثنا أَبِي , ثنا أَبُو أُسَامَةَ . ح وَثنا دَعْلَجٌ , ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ شِيرَوَيْهِ , ثنا إِسْحَاقُ بْنُ رَاهَوَيْهِ , أَنْبَأَنَا أَبُو أُسَامَةَ . ح وَثنا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ , ثنا إِبْرَاهِيمُ بْنُ إِسْحَاقَ الْحَرْبِيُّ , ثنا أَحْمَدُ بْنُ جَعْفَرٍ الْوَكِيعِيُّ , ثنا أَبُو أُسَامَةَ . ح وَثنا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْوَاسِطِيُّ , ثنا مُوسَى بْنُ إِسْحَاقَ الأَنْصَارِيُّ , ثنا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ ، ثنا أَبُو أُسَامَةَ . ح وَثنا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ زَكَرِيَّا بِمِصْرَ , ثنا أَحْمَدُ بْنُ شُعَيْبٍ , ثنا هَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ , وَالْحُسَيْنُ بْنُ حُرَيْثٍ , عَنْ أَبِي أُسَامَةَ . ح وَثنا مُحَمَّدُ بْنُ مَخْلَدِ بْنِ حَفْصٍ , ثنا أَبُو دَاوُدَ السِّجِسْتَانِيُّ ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلاءِ , وَعُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ , وَغَيْرُهُمَا , قَالُوا : ثنا أَبُو أُسَامَةَ ، ثنا الْوَلِيدُ بْنُ كَثِيرٍ , عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرِ بْنِ الزُّبَيْرِ , عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ , عَنْ أَبِيهِ , قَالَ : سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : عَنِ الْمَاءِ وَمَا يَنُوبُهُ مِنَ الدَّوَابِّ وَالسِّبَاعِ , قَالَ : " إِذَا كَانَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يَحْمِلِ الْخَبَثَ "
Hasan
ثنا أَبُو بَكْرٍ النَّيْسَابُورِيُّ ، ثنا يُونُسُ بْنُ عَبْدِ الأَعْلَى , ثنا ابْنُ وَهْبٍ , أَخْبَرَنِي عَمْرُو بْنُ الْحَارِثِ , وَاللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ , عَنْ كَثِيرِ بْنِ فَرْقَدٍ , عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ مَالِكِ بْنِ حُذَافَةَ , حَدَّثَهُ عَنْ أُمِّهِ الْعَالِيَةِ بِنْتِ سُبَيْعٍ , أَنَّ مَيْمُونَةَ زَوْجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدَّثَتْهَا , أَنَّهُ مَرَّ بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَفَرٌ مِنْ قُرَيْشٍ يَجُرُّونَ شَاةً لَهُمْ مثل الْحِمَارِ , فَقَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " لَوْ أَخَذْتُمْ إِهَابَهَا " , قَالُوا : إِنَّهَا مَيْتَةٌ , قَالَ الرَّسُولُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " يُطَهِّرُهَا الْمَاءُ وَالْقَرَظُ "
Maudhu’
نا أَبُو جَعْفَرٍ مُحَمَّدُ بْنُ سُلَيْمَانَ النُّعْمَانِيُّ , نا أَبُو عُتْبَةَ أَحْمَدُ بْنُ الْفَرَجِ ، نا بَقِيَّةُ , حَدَّثَنِي مُبَشِّرُ بْنُ عُبَيْدٍ , حَدَّثَنِي الْحَجَّاجُ بْنُ أَرْطَاةَ , عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ , عَنْ أَبِيهِ , عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا , قَالَتْ : " مَرَّ سُرَاقَةُ بْنُ مَالِكٍ الْمُدْلِجِيُّ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَأَلَهُ عَنِ التَّغَوُّطِ , فَأَمَرَهُ أَنْ يَتَنَكَّبَ الْقِبْلَةَ , وَلا يَسْتَقْبِلُهَا وَلا يَسْتَدْبِرُهَا , وَلا يَسْتَقْبِلُ الرِّيحَ وَأَنْ يَسْتَنْجِيَ بِثَلاثَةِ أَحْجَارٍ لَيْسَ فِيهَا رَجِيعٌ , أَوْ ثَلاثَةِ أَعْوَادٍ , أَوْ ثَلاثِ حَثَيَاتٍ مِنْ تُرَابٍ " . لَمْ يَرْوِهِ غَيْرُ مُبَشِّرِ بْنِ عُبَيْدٍ . وَهُوَ مَتْرُوكُ الْحَدِيثِ .
Isnadnya sangat lemah
نا عثْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ الدَّقَّاقُ , نا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ الْوَلِيدِ بْنِ بُرْدٍ الأَنْطَاكِيُّ , نا مُوسَى بْنُ دَاوُدَ , نا مُعَلَّى بْنُ مَيْمُونٍ , عَنْ أَيُّوبَ , عَنْ عِكْرِمَةَ , عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ , قَالَ : " فِي السِّوَاكِ عَشْرُ خِصَالٍ : مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ تَعَالَى , وَمَسْخَطَةٌ لِلشَّيْطَانِ , وَمَفْرَحَةٌ لِلْمَلائِكَةِ , جَيِّدٌ لِلَّثَةِ , وَمُذْهِبٌ بِالْحَفَرِ , وَيَجْلُو الْبَصَرَ , وَيُطَيِّبُ الْفَمَ , وَيُقَلِّلُ الْبَلْغَمَ , وَهُوَ مِنَ السُّنَّةِ , وَيَزِيدُ فِي الْحَسَنَاتِ " . قَالَ الشَّيْخُ أَبُو الْحَسَنِ : مُعَلَّى بْنُ مَيْمُونٍ ضَعِيفٌ مَتْرُوكٌ .
Kelebihan dan Kekurangan Sunan Ad-Dāraquthniy
Di antara kelebihan Sunan Ad-Dāraquthniy :
Pertama, sistematika penulisan kitab yang teratur. Hal ini bisa dilihat di daftar isi, bahwa kitab ini tersusun secara teratur berdasarkan bab-bab fiqh.٣٨٨٩ – نا أحمد بن محمد بن زياد القطان , وآخرون قالوا: نا إدريس بن عبد الكريم المقرئ , نا ليث بن حماد , نا عبد الواحد بن زياد , نا إسماعيل بن سميع الحنفي , عن أنس بن مالك , قال: قال رجل للنبي صلى الله عليه وسلم: إني أسمع الله تعالى يقول {الطلاق مرتان} [البقرة: ٢٢٩] , فأين الثالثة؟ , قال: " {فإمساك بمعروف أو تسريح} [البقرة: ٢٢٩] بإحسان هي الثالثة ". كذا قال عن أنس والصواب عن إسماعيل بن سميع , عن أبي رزين مرسل عن النبي صلى الله عليه وسلم.
Jika diteliti penyampaian Imam Ad-Dāraquthniy terhadap hadis di atas ini (tulisan berhuruf tebal), dapat diambil kesimpulan sebagaimana yang telah dilakukan oleh seorang peneliti yang bernama Mahmūd Ahmad Ya’qūb Rasyīd. Setelah melakukan studi hadis di atas, beliau berkata,
“'Illah hadis tersebut adalah menukar perawi dengan perawi lain, serta menyambung hadis yang mursal. Hadis tersebut masyhur dari jalur Ismā’īl bin Samī’, dari Abū Razīn secara mursal. Dari jalur ber’illah tersebut, dijadikan hadis tersebut dari jalur ‘Abdul Wāhid bin Ziyād, dari Ismā’īl, dari Anas secara marfu'. Sebagaimana yang telah saya sampaikan tadi dalam takhrij terhadap hadis tersebut, dapat kita perhatikan bahwa para perawi tsiqah meriwayatkannya dari jalur Ismā’īl, dari Abū Razīn secara mursal. Mereka itu adalah Sufyān Ats-Tsauriy, dia tsiqah hāfidzh faqīh imām hujjah, Khālid bin ‘Abdillāh Al-Māziniy, dia tsiqah, kata Ibnu Hajar dia shadūq, serta Syaybān bin ‘Abdirrahmān Abū Mu’āwiyah, dia juga tsiqah.
Adapun sanad yang muttashil, hadis tersebut diriwayatkan oleh Laits bin Hammād, dari ‘Abdul Wāhid bin Ziyād, dari Ismā’īl, dari Anas secara marfu’. Laits bin Hammād itu orang yang dha'īf, dia bersendirian dalam meriwayatkan hadis ini, serta dalam hadis ini dia menyelisihi orang-orang yang tsiqah tadi, sehingga hadisnya dinilai munkar.
Abū Razīn Mas’ūd bin Mālik Al-Asadiy seorang yang tsiqah lagi berkeutamaan. Dia termasuk tabiin senior, jadi hadisnya dari Rasulullah dinilai mursal, hal ini menguatkan apa yang dicenderungi oleh Imam Ad-Dāraquthniy.”
١٦٠ – نا عثمان بن أحمد الدقاق , نا محمد بن أحمد بن الوليد بن برد الأنطاكي , نا موسى بن داود , نا معلى بن ميمون , عن أيوب , عن عكرمة , عن ابن عباس , قال: " في السواك عشر خصال: مرضاة للرب تعالى , ومسخطة للشيطان , ومفرحة للملائكة , جيد للثة , ومذهب بالحفر , ويجلو البصر , ويطيب الفم , ويقلل البلغم , وهو من السنة , ويزيد في الحسنات ". قال الشيخ أبو الحسن: معلى بن ميمون ضعيف متروك.
Ketiga, sanad dalam hadisnya ditulis lengkap. Ini bisa dilihat pada contoh-contoh hadis dari Sunan Ad-Dāraquthniy yang saya cantumkan di bagian pembahasan isi kitab.
Di antara kekurangan Sunan Ad-Dāraquthniy :
Pertama, adanya pandangan bahwa kitab ini dianggap sebagai kitab ‘ilal karena penjelasan tentang ‘ilal yang banyak. Ada banyak pembahasan ‘ilal dalam Sunan Ad-Dāraquthniy ini, salah satu buktinya sudah dicantumkan pada poin kedua kelebihan Sunan Ad-Dāraquthniy di atas.
Kedua, banyak ditemukan hadis-hadis dhaif, bahkan hadis maudhu’ walaupun untuk hadis maudhu’ ini sedikit. Di antara bukti adanya hadis dhaif dan maudhu’ dalam Sunan Ad-Dāraquthniy sudah dicantumkan pada bagian pembahasan isi kitab.
Berikut di antara beberapa penilaian ulama terhadap Sunan Ad-Dāraquthniy :
Ibnu ‘Abdil Hādiy Al-Hanbaliy dalam Ash-Shārim Al-Munakkiy berkata, “Dan Ad-Dāraquthniy mengumpulkan dalam kitabnya hadis-hadis gharib, beliau banyak memasukkan dalam As-Sunan riwayat hadis-hadis yang dhaif dan munkar, bahkan palsu. Beliau menjelaskan illat hadis dan sebab lemah dan pengingkarannya di sebagian tempat.”
Al-Badr Al-'Ayniy dalam Al-Bināyah Syarh Al-Hidāyah berkata, “Ad-Dāraquthniy kitabnya termuat dari hadis-hadis lemah, gharib, syadz, dan mu'allal, banyak hadis yang tidak didapati pada orang selain beliau.”
Al-Kattāniy berkata dalam Ar-Risālah Al-Mustathrafah, “Sunan Ad-Dāraquthniy terkumpul padanya hadis-hadis gharib. Imam Ad-Dāraquthniy banyak meriwayatkan padanya riwayat hadis-hadis yang lemah, munkar bahkan maudhu'.”
Ibnu Katsīr berkata dalam Al-Bidāyah wa An-Nihāyah, “Beliau punya kitab yang terkenal (Sunan Ad-Dāraquthniy), kitab tersebut termasuk karya terbaik dalam babnya, tidak ada yang semisalnya yang mendahuluinya, dan tidak ada pula yang mengikuti bentuknya, kecuali orang yang mengambil ilmu dari luasnya keilmuan beliau dan beramal seperti amaliah beliau.”
Al-Khathīb Al-Baghdādiy berkata dalam Tārīkh Baghdād, “...Kitab sunan yang ditulisnya menunjukkan bahwa beliau termasuk di antara ulama yang punya perhatian dalam terhadap fiqh, karena tak ada yang mampu mengumpulkan apa yang dihimpun oleh kitab tersebut kecuali orang yang punya pengetahuan luas dalam perbedaan pendapat dalam masalah hukum.”
Daftar Pustaka
‘Abdil Hādiy, Syamsuddīn Muhammad bin Ahmad bin, 2003, Ash-Shārim Al-Munakkiy fī Ar-Radd ‘alā As-Subkiy, Beirut: Muássasah Ar-Rayyān.
Ad-Dāraquthniy, Imam, 2004, Sunan Ad-Dāraquthniy, Beirut: Muássasah Ar-Risālah, Tahqiq oleh Syu’aib Al-Arnaūth, dkk.
Ad-Dāraquthniy, Imam, t.th, Sunan Ad-Dāraquthniy, t.t: Penerbit Buku Islam, Komentar dan Takhrij Hadis oleh Majdi bin Manshur Sayyid Asy-Syura.
Adz-Dzahabiy, Syamsuddīn Abū ‘Abdillah Muhammad bin Ahmad, 1985, Siyar A’lām An-Nubalā’, Beirut: Muássasah Ar-Risālah.
Al-‘Asqalāniy, Abū Al-Fadhl Ibnu Hajar, 1996, Ta’jīl Al-Manfa’ah bi Zawāíd Rijāl Al-Aímmah Al-Arba’ah, Beirut: Dār Al-Basyāír.
Al-‘Ayntābiy, Badruddīn Abū Muhammad bin Mahmūd bin Ahmad, 2000, Al-Bināyah Syarh Al-Hidāyah, Beirut: Dār Al-Kutub Al-‘Ilmiyyah.
Al-Baghdādiy, Abū Bakr Al-Khathīb, 2002, Tārīkh Baghdād, Beirut: Dār Al-Gharb Al-Islāmiy.
Al-Kattāniy, Abū ‘Abdillāh Muhammad bin Abī Al-Faydh Al-Idrīsiy, 2000, Ar-Risālah Al-Mustathrafah li Bayān Masyhūr Kutub As-Sunnah Al-Musyarrafah, Beirut: Dār Al-Basyāír Al-Islāmiyyah.
Al-Qurasyiy, Abū Al-Fidā’ Isma’īl bin ‘Umar bin Katsīr, 1986, Al-Bidāyah wa An-Nihāyah, Damaskus: Dār Al-Fikr.
Ar-Ruhayliy, ‘Abdullah bin Dhaifillah, t.th, Al-Imām Abū Al-Hasan Ad-Dāraquthniy wa Ātsāruh Al-‘Ilmiyyah, Jeddah: Dār Al-Andalus Al-Khadhrā’.
As-Salmiy, Muhammad Mahdiy, dkk, t.th, Mausū’ah Aqwāl Abī Al-Hasan Ad-Dāraquthniy fī Rijāl Al-Hadīts Wa ‘Ilalih, t.t: ‘Ālim Al-Kutub.
Khalīfah, Kaylāniy Muhammad, 2009, Manhaj Al-Imām Ad-Dāraquthniy fī Kitābih As-Sunan wa Ātsāruh fi-khtilāf Al-Fuqahā’, Kairo: Dār Al-Muhadditsīn.
Rasyīd, Mahmūd Ahmad Ya’qūb, 1994, Al-‘Ilal Al-Wāridah fī Sunan Ad-Dāraquthniy Jam’an wa Tashnīfan wa Dirāsatan, Universitas Yordania.
Taimiyyah, Taqiyyuddīn Abū Al-‘Abbās Ahmad bin ‘Abdil Halīm Ibnu, 1987, Al-Fatāwā Al-Kubrā, Beirut: Dār Al-Kutub Al-‘Ilmiyyah.
Komentar
Posting Komentar